Lupa Membaca Bismillah Saat Makan? Ucapkan Kalimat Ini

Lupa Membaca Bismillah Saat Makan? Ucapkan Kalimat Ini
Saat makan tetapi lupa membaca Bismillah, ucapkan kalimat ini. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Membaca bismillah ketika akan makan, merupakan sunah sebagaimana dicontohkan Rasulullah agar mendapatkan pahala, sekaligus nikmat yang telah Allah berikan.

Rasulullah bersabda:

Wahai anak muda, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan santaplah makanan yang ada di hadapanmu, seperti itulah cara makan yang kubiasakan (HR. Bukhari: 5376 dan Muslim: 2022).

Di dalam kitab Fath Al-Bari: 7247, dijelaskan hadis ini adalah pesan Rasulullah tentang etika makan, bahwa anak muda yang belum baligh bila seseorang yang tidak membaca bismillah pada saat makan, maka setan akan menghalalkan makanan tersebut.

Persoalannya bagaimana jika lupa membaca bismillah dan baru teringat di tengah-tengah makan?

Imam Nawawi berkata, Jika seseorang meninggalkan membaca “bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia mengucapkan di tengah-tengah makannya, maka ia dianjurkan mengucapkan Bismillaah awwalahu wa akhirahu (Al-Adzkar, hal. 427, terbitan Dar Ibnu Khuzaimah)

Riwayat lain menyebutkan dari Aisyah ra Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah. Jika ia lupa menyebut nama Allah di awal, hendaklah ia mengucapkan: Bismillaah awwalahu wa akhirahu (dengan menyebut nama Allah di awalan dan akhiran) HR. Abu Daud: 3767 dan At Tirmidzi:1858.

Wahai anak muda, bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan santaplah makanan yang ada di hadapanmu, seperti itulah cara makan yang kubiasakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News