M Nasir Dorong Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi

M Nasir Dorong Komersialisasi Hasil Riset Perguruan Tinggi
Menristekdikti Mohammad Nasir. Foto: Humas/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir semakin giat mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil riset yang dilakukan perguruan tinggi.

Hal ini sesuai keinginan pemerintah, agar perguruan tinggi bisa berkontribusi terhadap laju pertumbuhan industri.

“Ini sudah saatnya Perguruan Tinggi melakukan riset yang berbasis kebutuhan pasar. Baik kebutuhan industri atau hadir memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Hal ini akan mendorong terciptanya ekosistem yang kondusif untuk perkembangan industri _start-up_, khususnya yang berbasis teknologi,” ungkap Menteri Nadir di Jakarta, Senin (22/10)).

Dia mencontohkan teknologi yang diciptakan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yaitu Automatic Identification System Institut Teknologi Sepuluh Nopember (AISITS).

AISITS merupakan teknologi keselamatan maritim yang bisa mengirim sistem peringatan dini ketika kapal memasuki zona bahaya.

Dia menyampaikan, pemerintah saat ini sangat fokus mendukung perkembangan _start-up_ di tanah air. Hal ini terlihat dengan banyaknya kementerian yang sangat konsen dengan kebijakan dalam penumbuhan perusahaan perintis (_start-up_).

Menteri Nasir juga menyampaikan, komersialisasi AISITS ini juga selaras dengan misi Kemenristekdikti untuk meningkatkan kapasitas pemanfaatan dan komersialisasi hasil riset dan inovasi untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan bangsa.

“Dalam era industri 4.0, aplikasi semacam ini akan memegang peranan yang sangat penting dan memiliki potensi bisnis yang sangat besar,” tandas Menteri Nasir. (esy/jpnn)


Menristekdikti Mohamad Nasir semakin giat mendorong hilirisasi dan komersialisasi hasil riset yang dilakukan perguruan tinggi.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News