MA Jangan Sepelekan Desakan Transparansi Anggaran

MA Jangan Sepelekan Desakan Transparansi Anggaran
MA Jangan Sepelekan Desakan Transparansi Anggaran
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, meminta pimpinan Mahkamah Agung (MA) segera merespons  desakan kepada lembaga pengadilan tertinggi di tanah air itu untuk melakukan transparansi anggaran. Menurut Bambang, reaksi berlebihan dan konfrontatif yang diperlihatkan Ketua Muda MA Djoko Sarwoko dan Sekretaris MA Nurhadi terhadap Hakim Agung Gayus Lumbuun justru merusak citra MA.

"Rangkaian reaksi Djoko dan Nurhadi menyebabkan MA tampak tidak agung lagi. Harkat dan martabat jabatan tinggi kenegaraan yang disandang lenyap begitu saja karena yang terlihat di permukaan justru panik, rasa takut dan emosi yang tak beralasan. Kalau sikap seperti ini terus dipertahankan, publik akan curiga bahwa MA coba menutup-nutupi sesuatu yang buruk," kata Bambang, Minggu (28/10).

Seperti diketahui, Hakim Agung Gayus Lumbbun menyatakan keuangan MA perlu diaudit. Atas sikap ini, Gayus mendapatkan kritikan dari  Ketua Muda MA Djoko Sarwoko.

Bambang mengatakan, publik sudah mendapat gambaran tentang perlakuan tidak pantas terhadap para Hakim Agung. "Derajat mereka direndahkan, bahkan lebih rendah dari PNS eselon I–II di MA," katanya.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, meminta pimpinan Mahkamah Agung (MA) segera merespons  desakan kepada lembaga pengadilan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News