MA Selamatkan Duit Negara Rp 10 Triliun

MA Selamatkan Duit Negara Rp 10 Triliun
MA Selamatkan Duit Negara Rp 10 Triliun
JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) boleh menepuk dada. Selama 2010, lembaga peradilan tertinggi itu mengklaim telah menyelamatkan duit negara senilai Rp 10 triliun. Jumlah itu jauh lebih tinggi dibanding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang "hanya" menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 176 miliar.

 

Uang tersebut didapat dari kemenangan pemerintah melawan sejumlah pihak dalam kasus perdata plus tindak pidana korupsi. Jumlah itu pun bisa meningkat jika ditambah penyelamatan uang negara pada perkara pidana khusus seperti illegal logging, narkotika, dan psikotropika.

 

Rinciannya, Rp 1,3 triliun diraup dari kekalahan Tommy Soeharto dari Departemen Keuangan (sekarang Kementerian Keuangan), USD 315 juta (senilai Rp 2,8 triliun) dan Rp 68 miliar dari Yayasan Supersemar yang kalah juga terhadap Depkeu. Selain itu, dalam semua kasus tindak pidana korupsi, MA menjatuhkan denda sebesar Rp 33,3 miliar dan uang pengganti sebesar Rp 5,98 triliun.

 

Ketua MA Harifin Andi Tumpa mengakui, tidak semua uang tersebut diserahkan langsung ke pemerintah oleh MA. Sebab, beberapa putusan denda harus dieksekusi oleh Kejaksaan. "Tapi kan karena putusan MA, uang tersebut diserahkan ke pemerintah," kata hakim asal Makassar itu lantas tersenyum.

 

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) boleh menepuk dada. Selama 2010, lembaga peradilan tertinggi itu mengklaim telah menyelamatkan duit negara senilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News