Mabes Polri Siapkan Pengganti Tito Karnavian?

Mabes Polri Siapkan Pengganti Tito Karnavian?
Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan rombongan. Foto : M Fathra N.I/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri disebut-sebut sudah memproses nama Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri untuk mengganti Jenderal Tito Karnavian.

Hal itu dilakukan setelah mantan Kapolda Metro Jaya itu dipanggil presiden, kemungkinan untuk dipertimbangkan masuk dalam Kabinet Kerja jilid II.

Menurut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, pihaknya mendapat informasi surat terkait pengangkatan Plt Kapolri sedang diproses Mabes Polri dan akan segera diminta persetujuan presiden serta DPR.

"Nama yang diusulkan sebagai Plt Kapolri adalah Wakapolri Komjen Ari Dono. Jika Kapolri Tito Karnavian diangkat menjadi menteri dalam kabinet Jokowi pada Rabu (23/10), bisa dipastikan Ari Dono menjadi Plt Kapolri," ujar Neta di Jakarta, Selasa (22/10).

Neta juga menyebut gerbong mutasi di tubuh Polri akan terjadi dalam waktu dekat, jika proses pengangkatan Tito menjadi menteri berjalan lancar.

Kabareskrim Komjen Idam Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono.

Sementara posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idam Azis, diperkirakan akan diisi Irjen Gatot Edi yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya.

Sedangkan posisi Kapolda Metro Jaya ada dua calon kuat, yakni Kapolda Jabar Irjen Rudi dan Kapolda Lampung.

Neta mendapat informasi bahwa pengganti Tito Karnavian di Kapolri saat ini sedang dalam proses Mabes Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News