Madame

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Madame
Mantan Menteri Sosial Juliari Batubara. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Apa kabar Madame Bansos? Nama itu muncul dan menghilang begitu saja.

Ketika Juliari Batubara ditangkap karena korupsi dana bantuan sosial, muncul sosok enigmatik nan misterius, yang oleh media dijuluki sebagai 'Madame Bansos'.

Madame adalah julukan untuk wanita terhormat yang punya kedudukan tinggi. Bisa jadi sang madame punya jabatan tinggi di pemerintahan, bisa juga dia penguasa di sebuah organisasi besar, mungkin partai politik.

Kelihatannya, sang madame sangat powerful dan berpengaruh. Mungkin juga dia untouchables, tidak tersentuh. Seperti kebiasaan para mafia Italia, yang tidak pernah menyebut nama pemimpin tertinggi di depan umum, kali ini pun nama sang madame tidak pernah disebutkan secara terbuka.

Bahkan, menyebut inisialnya pun tidak ada yang berani. Maka, satu-satunya cara yang paling aman adalah menyebutnya sebagai sang madame.

Sampai sejauh ini sang madame kelihatannya masih aman. Mungkin ada deal-deal politik yang membuatnya terlindungi. Atau sebaliknya, sang madame bisa menjadi sandera politik karena kartunya sudah dipegang oleh musuh politiknya.

Kartu itu bisa saja menjadi truf yang mematikan bagi sang madame.

Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman terkenal dengan ungkapannya ‘’The Bucks Stop Here’’, semua uang berhenti di sini. Ia mengatakannya sambil menunjuk meja kerjanya di ruang kepresidenan Gedung Putih.

Hukuman terhadap Juliari Batubara dianggap terlalu ringan. Banyak yang berharap dia dihukum seumur hidup atau paling ringan 20 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News