Maduro Menangkan Pilpres Venezuela

Maduro Menangkan Pilpres Venezuela
Nicolas Maduro yang baru saja memenangkan pemilu Venezuela. FOTO: Getty Images
VENEZUELA- Gaya pemerintahan Venezuela dipastikan akan tetap menganut tipe yang sudah diterapkan mendiang Hugo Chavez. Itu terjadi setelah Nicolas Maduro memenangkan pemilihan presiden yang digeber tadi malam. Dari  99% suara yang sudah dihitung, Maduro diklaim mendapatkan jumlah 50,66 persen. Sementara sang pesaing Henrique Capriles yang merupakan tokoh oposisi hanya bisa mendapatkan 49,07 persen suara.

jpnn.com - “Saya memenangkan hampir 300 ribu suara. Ini adalah keputusan yang diambil oleh warga Venezuela,” terang Maduro setelah penghitungan suara sebagaimana dilansir laman BBC.

Dengan kemenangan Maduro, gaya pemerintahan Venezuela hampir bisa dipastikan tetap akan mengusung gaya yang sudah dijalankan Chavez. Maklum, sebelumnya Maduro merupakan wakil presiden ketika Chavez masih hidup. Keduanya juga merupakan tokoh penting di Partai Persatuan Sosialis yang merupakan partai terbesar di negara yang terkenal sebagai salah satu penghasil minyak terbesar di dunia tersebut.

Lebih dari 18,9 juta warga Venezuela menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tersebut. Dalam pelaksanaannya, Dewan Nasional Pemilu Venezuela mengundang 170 warga asing untuk menjadi saksi dari agenda tersebut. Mereka di antaranya datang dari Persatuan Bangsa Amerika Selatan.

Pemilu itupun dikabarkan berlangsung tanpa adanya pergolakan. Semuanya berjalan mulus seperti yang diharapkan. Meski begitu, pihak keamanan sempat menahan 43 orang yang diduga melakukan kerusuhan.

“Semuanya bisa dikatakan berlangsung dengan normal. Kondisi di Pemilu tersebut berlangsung dalam suasana tenang,” ujar Sandra Oblitas dari Dewan Pemilu Nasional seperi dilansir BBC. (jos/mas/jpnn)


VENEZUELA- Gaya pemerintahan Venezuela dipastikan akan tetap menganut tipe yang sudah diterapkan mendiang Hugo Chavez. Itu terjadi setelah Nicolas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News