Magna Charta Politika: AHY Puncaki Elektabilitas Cawapres 2024

Magna Charta Politika: AHY Puncaki Elektabilitas Cawapres 2024
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memuncaki elektabilitas cawapres 2024 disusul Ketua DPR Puan Maharani di posisi kedua. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Magna Charta Politika mengungkapkan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memuncaki elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Direktur Kajian Magna Charta Politika, Wildan Ramadhan Wijaya mengatakan AHY menduduki posisi satu elektabilitas cawapres dengan 23,8 persen dan disusul Ketua DPR RI Puan Maharani dengan 15,6 persen.

"Di posisi ketiga ada nama Sandiaga Uno meraih 15,2 persen dan keempat ditempati Ridwan Kamil yang meraih kepercayaan sebesar 8,9 persen," kata Wildan dalam keterangannya, Kamis (14/7).

Dia juga menyebutkan nama Jenderal TNI Andika Perkasa berada di posisi kelima dengan perolehan elektabilitas sebesar 3,9 persen.

"Posisi enam ada Susi Pudjiastuti 2,6 persen, dan ketujuh berhasil didapat oleh Khofifah Indar Parawansa yang mendapat kepercayaan 1,8 persen," jelasnya.

Melengkapi sepuluh besar, lanjutnya, ada nama Menteri BUMN, Erick Thohir dengan 1,2 persen di posisi kedelapan, disusul Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 0,9 persen, dan di posisi kesepuluh ada Mendag Zulkifli Hasan dengan 0,2 persen.

"Ada juga yang belum menentukan pilihan masih ada sebanyak 25,9 persen," ujar Wildan.

Survei Magna Charta Politika dilakukan pada tanggal 1-11Juli terhadap 2.000 responden di seluruh Indonesia.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memuncaki elektabilitas cawapres 2024 disusul Ketua DPR Puan Maharani di posisi kedua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News