Mahakam Dikuasai Tambang, Terumbu Karang Terancam

Mahakam Dikuasai Tambang, Terumbu Karang Terancam
Mahakam Dikuasai Tambang, Terumbu Karang Terancam
TENGGARONG - Sepanjan g Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam di Kutai Kartanegara (Kukar), sebagian besar dikuasai konsesi pertambangan. Bahkan, data Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim menyebutkan, terdapat ratusan perusahaan tambang yang beroperasi di sepanjang Sungai Mahakam.

Dinamisator Jatam Kaltim Kahar Al Bahri menyebut, tak hanya ratusan perusahaan tambang yang wilayah operasinya berdekatan dengan sungai, pelabuhan batu bara (jetty) juga “menjamur” di sepanjang yang mengalir dari Kutai Barat (Kubar), Kukar, sampai Samarinda itu.

Terlebih, Pemprov Kaltim telah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang larangan hauling di jalan umum yang mulai berlaku September 2013, ini akan membuat aktivitas angkutan batu bara sebagian besar dialihkan ke sungai. Dengan demikian, aktivitas angkutan batu bara di perairan Mahakam juga bakal meningkat. Ini yang menyebabkan jetty di perairan Mahakam jumlahnya meningkat.

Menurut dia, pelabuhan batu bara ini tentu disertai penyediaan conveyor, untuk memindahkan “emas hitam” ke ponton. Aktivitas pertambangan pun kian dekat dengan sungai. “Kini jumlah jetty yang beroperasi di Sungai Mahakam saja mencapai ratusan,” bebernya.

TENGGARONG - Sepanjan g Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam di Kutai Kartanegara (Kukar), sebagian besar dikuasai konsesi pertambangan. Bahkan, data

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News