Mahasiswa Baru FEB Uhamka Dapat Bekal Khusus dari Teten Masduki dan Sandiaga Uno

Mahasiswa Baru FEB Uhamka Dapat Bekal Khusus dari Teten Masduki dan Sandiaga Uno
Rekor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro dan Menkop UMKM Teten Masduki dalam Peta FEB Uhamka. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengungkapkan potensi generasi muda dalam membangkitkan kekuatan ekonomi Indonesia melalui kewirausahaan.

Berdasarkan survei SMERU 2020 sebanyak 73 persen anak muda Indonesia memiliki minat berwirausaha.

"Saya percaya setiap perubahan ada andil besar anak muda. Ini tugas mulia ke depan bagi kalian dengan menciptakan pekerjaan kelas menengah yang banyak," kata Teten dalam Pekan Taaruf (Peta) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka yang digelar secara daring 20 sampai 23 September 2021.

Dijelaskannya saat ini terdapat 65 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atau sekitar 99,9 persen dari usaha lainnya. Namun, rasio kewirausahaan di Indonesia masih rendah, baru sekitar 3,74 persen.

Padahal untuk menjadi negara maju minimal empat persen warganya berwirausaha. Singapura sudah delapan persen, lantas Malaysia dan Thailand di atas empat persen. Sedangkan di negara maju rata-rata 12 persen.

"Ini tantangan bagi kalian saat ini dan ke depan," katanya kepada 3.774 mahasiswa baru Uhamka.

Teten menambahkan saat ini UMKM yang sudah terhubung ke ekosistem digital sebanyak 15.9 juta atau 24,9 persen. Selama pandemi dalam satu setengah tahun naik sebanyak 7,9 juta. Sementara Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan 30 juta UMKM terkoneksi ekosistem digital pada 2024.

"Jadi UMKM kita jangan hanya memproduksi keripik dodol begitu saja. Kalau seperti itu ya kapan bisa punya daya saing dengan produk impor. Karena itu sekarang pak rektor, syarikat dagang kami ubah menjadi syarikat produksi," tuturnya.

Teten Masduki dan Sandiaga Uno memberikan pembekalan khusus kepada mahasiswa baru FEB Uhamka.