Mahasiswa Untad Kembangkan Robot Penjinak Bom

Mahasiswa Untad Kembangkan Robot Penjinak Bom
Mahasiswa Untad Kembangkan Robot Penjinak Bom
PALU- Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), Palu ini boleh berbaangga. Berkta kreativitas dan ketekunan mereka melakukan ujicoba teknologi, kini para mahasiswa Teknik Elektro berhasil mengembangkan robot cerdas yang mampu menjinakkan bom. Rencananya, robot cerdas ini akan mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KCRI) Regional di Manado.

Pembantu Rektor III Untad Supriadi SH Mhum mengatakan robot cerdas yang berhasil dikembangkan mahasiwa Untad memaksa Brimob Polda Sulteng untuk melirik teknologi tersebut. Sebab, robot cerdas itu dinilai mampu menjinakkan bom. Sehingga, di masa datang, robot tersebut bisa diandalkan untuk membantu operasional aparat kepolisian dalam menjinakkan bom dan ancaman teroris.

“Robot cerdas sudah dilirik Brimob, katanya tertarik mau pakai sebagai robot penjinak bom. Padahal baru 2 bulan dikerja dan bisa lebih mantap dan sempurna lagi jika dibuat dalam waktu yang lama khusus pesanan itu. Karena ini kan hanya dirancang untuk ikut kontes saja,” ujar Supriadi.

Supriadi SH Mhum sangat yakin robot cerdas yang dikembangkan para mahasiwa akan mampu menjawab berbagai kebutuhan di masa datang. "KIta hanya perlu pengembangan dan memberikan semangat agar mahasiswa kreatif ini terus ada. Jadi siapa pun rektor atau pembantu rektor III nantinya, tim ini harus terus ada. Perhatian dan keseriusan sangat diperlukan karena untuk ikut kompetisi kontes robot ini saja sudah menghabiskan Rp90 juta. Sebab itu memang membutuhkan komitmen pemerintah untuk membantu universitas dalam hal dana,” tandasnya.

PALU- Mahasiswa Universitas Tadulako (Untad), Palu ini boleh berbaangga. Berkta kreativitas dan ketekunan mereka melakukan ujicoba teknologi, kini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News