Sepenuhnya Andalkan Respirator

Sepenuhnya Andalkan Respirator
Sepenuhnya Andalkan Respirator
SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra masih harus berjuang keras melawan berbagai komplikasi dalam tubuhnya. Setelah beberapa hari terakhir relatif stabil, kondisi balita yang telah berganti nama menjadi Slamet Hadi Syahputra itu kemarin (21/5) kembali drop.

Infeksi bakteri acinetobacter dalam paru-parunya kemarin mencapai tahap yang sejauh ini paling berbahaya. Bahkan, Putra sudah bisa dikatakan mengalami Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) atau gagal paru.

Hasil foto toraks memang tidak menunjukkan bahwa area yang mengandung infiltrate (bintik pada paru-paru) meluas. Namun, secara klinis, kondisi balita yang 24 April lalu menjalani transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo itu jauh menurun.

Hasil kultur pada darah Putra (panggilan baru Ramdan) menunjukkan bahwa bakteri nosokomial (hanya terdapat di rumah sakit) itu sudah bersarang pada darahnya. Artinya, sudah terjadi persebaran populasi bakteri. "Sejak kemarin (Kamis, Red), sudah sepsis (penyebaran infeksi). Tapi, hanya pada darah," kata ketua tim liver transplant RSUD dr Soetomo, dr Sjamsul Arief SpA(K) MARS, kepada Jawa Pos kemarin. 

SURABAYA - Ramdan Aldil Saputra masih harus berjuang keras melawan berbagai komplikasi dalam tubuhnya. Setelah beberapa hari terakhir relatif stabil,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News