Mahfud Bertemu Jenderal Andika, Bahas 2 Agenda Termasuk Soal HAM

Mahfud Bertemu Jenderal Andika, Bahas 2 Agenda Termasuk Soal HAM
Ilustrasi - Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima kedatangan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (24/11).

Mahfud dan Andika pun menggelar rapat yang membahas dua isu. Satu di antaranya tentang pendekatan baru menangani konflik di Papua.

Menurut Mahfud MD, pendekatan di Papua secara prinsip sudah dituangkan dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020 yang ditindaklanjuti dengan Keppres Nomor 20 tahun 2020.

Intinya, kata eks Ketua MK itu, pendekatan di Papua akan condong ke arah pembangunan kesejahteraan yang komprehensif dan sinergis.

"Artinya di Papua itu pendekatannya bukan senjata, tetapi kesejahteraan. Komprehensif meliputi semua hal. Sinergis mencakup semua lembaga terkait secara bersama-sama, bukan sendiri-sendiri," kata Mahfud dalam keterangan pers yang disiarkan akun Kemenko Polhukam di YouTube, Kamis (25/11).

Pria kelahiran Jawa Timur itu kemudian menyebut dari sisi teknis pendekatan di Papua ialah operasi teritorial dan bukan tempur.

"Saya tadi sudah banyak diskusi. Pak Panglima sudah punya gagasan-gagasan tentang pendekatan baru itu dan nanti akan disampaikan pada saatnya," lanjut Mahfud.

Selanjutnya, kata dia, pertemuan dengan Andika membahas pula tentang penanganan HAM.

Menko Polhukam Mahfud MD menerima kedatangan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk membahas penanganan Papua dan kasus HAM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News