Mahfud Bilang, Kekuasaan Identik dengan Korupsi

Mahfud Bilang, Kekuasaan Identik dengan Korupsi
Mahfud Bilang, Kekuasaan Identik dengan Korupsi
JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Mahfud MD menegaskan bahwa kekuasaan di Indonesia identik dengan korupsi. Fenomena ini sudah ada dimulai sejak kepemimpinan Soekarno hingga Soeharto.

“Akibat prilaku korupsi itu, lalu muncul reformasi yang pada dasarnya menuntut pembatasan kekuasaan melalui amandemen UUD 45. Namun hal itu ternyata belum mendatangkan perubahan. Korupsi malah semakin mewabah,” kata Mahfud, dalam acara peluncuran buku Saldi Isra berjudul 'Kekuasaan dan Prilaku Korupsi', di kantor MK, Jakarta (18/3).

Menurut Mahfud, UUD 45 pada dasarnya memang memberi peluang bagi siapa pun penguasa untuk berlaku otoriterisme dan korup. Hal terjadi karena pendiri bangsa ini pada awalnya hanya memahami kekuasaan itu sebagai amanah dan membuat konstitusi teramat jujur.

Lalu lahir reformasi yang menuntut perubahan seiring dengan pergantian presiden masing-masing ke tangan Habibie, Gus Dur, Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Korupsi malah jalan terus seiring dengan telah terjadinya empat kali amandemen UUD,” tegas Mahfud.

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Mahfud MD menegaskan bahwa kekuasaan di Indonesia identik dengan korupsi. Fenomena ini sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News