Mahfud MD Ajak PDIP Dorong Peningkatan Sistem Hukum

Mahfud MD Ajak PDIP Dorong Peningkatan Sistem Hukum
Unggahan Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko polhukam) Mahfud MD mendorong peningkatan tiga subsistem hukum, yakni substansi hukum (legal substance), struktur hukum (legal structure), dan budaya hukum (legal culture).

Hal itu disampaikan Mahfud MD seusai menjadi pembicara dalam FGD "Reformasi Sistem Hukum Nasional: Pendekatan Ideologi, Konstitusi, dan Budaya Hukum" di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis(14/10).

Dia mengajak PDIP untuk berperan dalam mendorong pada struktur dan budaya aparat.

"Tadi dalam diskusi PDIP, saya mengusulkan titik beratnya ada di tengah pada aparat dan strukturnya agar terbangun budaya hukum di aparat. Budaya hukum di tingkat elite dan struktur itu belum tumbuh dengan baik," kata Mahfud.

Dia juga mengaku senang bisa turut serta dalam diskusi.

Dia mengajak para kader PDIP turut aktif dalam peningkatan struktur dan budaya hukum di Indonesia agar lebih baik.

"Ini waktunya tepat karena tahun depan sudah pemilu, untuk ditawarkan kepada rakyat itu semua. Dan itu menurut saya akan memiliki kekuatan luar biasa. Mau tidak mau PDIP terbesar dan terkuat secara politik. Partai politiknya, suaranya DPR menguasai, lokomotifnya juga kuat, kepemimpinan solid," lanjutnya.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan hasil FGD hari ini akan dikembangkan lebih lanjut sesuai arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Menko Polhukam Mahfud MD mengajak PDIP untuk mendorong peningkatan sistem hukum Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News