Mahfud MD Dampingi Ganjar, Prabowo Juga Harus Pilih Bacawapres dari Jawa

Mahfud MD Dampingi Ganjar, Prabowo Juga Harus Pilih Bacawapres dari Jawa
Ilustrasi - Bakal capres Ganjar Pranowo dan bakal cawapres Mahfud MD di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (18/10). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur INPOIN Center Zainul Abidin Sukrin (ZAS) mengatakan Prabowo Subianto penting memilih bakal calon wakil presiden yang berasal dari Pulau Jawa, jika tak ingin kalah pada Pemilihan Presiden 2024.

Zas menyatakan pandangannya menyusul langkah PDIP mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden pendamping calon presiden Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Hal ini menjadikan Pulau Jawa sebagai arena kunci dalam merebut suara politik pada Pilpres 2024.

Pasalnya, pasangan bakal capres dan bakal cawapres lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga sama-sama berasal dari Pulau Jawa.

"Jadi, dinamika deklarasi pasangan bakal capres dan bakal cawapres saat ini menjadikan Pulau Jawa sebagai arena kunci dalam merebut suara politik pada Pilpres 2024," ujar Zainul dalam keterangannya, Rabu (18/10).

Menurut Zas, perebutan suara di Pulau Jawa berdasarkan aspek sosiologis dan psikologi, atau kombinasi keduanya.

Paling mencolok dari dinamika perebutan pemilih sosiologis yaitu pemilih yang mendasarkan pilihan politik pada suku, agama dan organisasi keagamaan.

Sementara pemilih psikologi yaitu afliasi politik capres dan cawapres, serta partai politik dengan pemilih.

Mahfud MD ditetapkan sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Prabowo juga harus pilih bakal cawapres dari Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News