Mahfud Mengutip Surah Ar-Rum, Mengalunkan Lagu Ebiet, Lalu Mengulang Ucapan Gus Dur

Mahfud Mengutip Surah Ar-Rum, Mengalunkan Lagu Ebiet, Lalu Mengulang Ucapan Gus Dur
Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud Md saat menyampaikan paparannya dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Moh. Mahfud Md mengutip lirik lagu Ebiet G. Ade dan pernyataan K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menutup debat antarcawapres di JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Sebelum mengutip lirik lagu kondang dan pernyataan tokoh bangsa itu, Mahfud terlebih dahulu memaparkan akar masalah yang masih mendera Indonesia.

Menurut Mahfud, berbagai masalah yang dibahas dalam Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 tersebut sangat penting bagi masa depan bangsa. Namun, mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu menganggap akar masalahnya ialah pedang hukum yang tumpul.

"Kalau tidak tumpul pasti bisa tabrak habis-habisan. Program pembangunan akan berjalan dengan baik," ujar Mahfud dalam debat bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa itu.

Menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) itu juga memohon maaf kepada anak dan cucunya karena tidak bisa berbuat banyak dalam mengatasi perusakan lingkungan.

Mahfud pun mengutip Surah Ar-Rum Ayat 41 tentang kerusakan di darat dan di laut yang disebabkan perbuatan tangan manusia.

Menurut Mahfud, ayat tersebut juga mengingatkannya pada penggalan lirik lagu 'Berita Kepada Kawan' karya Ebiet G. Ade. Mahaguru ilmu hukum itu pun mengutip sebagian lirik itu sembari bersenandung.

Syahdan, Mahfud menyampaikan komitmennya jika kelak memenangi Pilpres 2024 dan memimpin Indonesia.

Mahfud Md mengutip Surah Ar-Rum Ayat 41 tentang kerusakan di darat dan di laut disebabkan ulah manusia saat menyampaikan pidato penutup dalam debat cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News