Mahfudz Siddiq: Sebelum Negosiasi dengan Din Minimi, Bang Yos Ketemu Jokowi

Mahfudz Siddiq: Sebelum Negosiasi dengan Din Minimi, Bang Yos Ketemu Jokowi
Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq menyatakan keberhasilan Badan Intelijen Negara (BIN) bernegosiasi dengan Din Manimi adalah capaian yang patut diapresiasi. Sebelum memutuskan bernegosiasi, menurut Mahfudz, pasti Kepala BIN, Sutiyoso sudah konsultasi dengan Presiden Joko Widodo.

“Saya yakin, Bang Yos sudah konsultasi dengan Presiden Jokowi sebelum bertemu Din Minimi, sebab lumrah terjadi ujung dari satu negosiasi adalah amnesti yang oleh UU jadi kewenangan presiden,” kata Mahfudz Siddiq, di Jakarta, Senin (4/1).

Karena itu, lanjut politikus PKS ini, Kepala BIN menyatakan yakin kalau Presiden Jokowi akan memberikan amnesti. “Karena sebelumnya BIN dan Presiden sangat mungkin sudah ketemu,” tegasnya.

Untuk penyelesaian masalah Din Manimi, menurut Mahfudz Siddiq, bisa dilakukan berbagai pendekatan. Kalau Din Manimi hanya sebagai kelompok kriminal bersenjata, maka penegakkan hukum jadi solusinya.

“Tapi kalau memandang Din Manimi bagian dari unsur-unsur combatant GAM yang melakukan tindak kekerasan, maka Din Manimi tidak bisa hanya dilihat sebagai kelompok kriminal biasa. Tapi harus dilihat sebagai eks combatant GAM yang bersenjata secara ilegal sehingga ada aspek politiknya,” ujar Mahfudz Siddiq.

Tapi di luar itu, menurut Mahfudz Siddiq, ada hal penting bahwa selama ini Din Manimi tidak pernah selesai. “Kalau mau disebut kelompok kriminal bersenjata, kenapa polisi tidak bisa menuntaskannya?,” tanya Mahfudz Siddiq.(fas/jpnn)


JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq menyatakan keberhasilan Badan Intelijen Negara (BIN) bernegosiasi dengan Din Manimi adalah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News