Mahyudin Sebut Perlu SDM yang Unggul Untuk Optimalkan SDA

Mahyudin Sebut Perlu SDM yang Unggul Untuk Optimalkan SDA
Wakil Ketua DPR Mahyudin pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Tenggarong, Kalimantan Timur, Jumat (9/2). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, TENGGARONG - Wakil Ketua DPR Mahyudin menyebut Indonesia sebagai negara yang dikaruniai Allah dengan kekayaan alam yang melimpah dan luar biasa. Apalagi Indonesia berada di garis khatulistiwa dan memiliki dua musim yang tak dimiliki negara di Eropa.

Namun, Indonesia dinilai belum bisa memaksimalkan sumber daya alam (SDA) itu. Pasalnya, Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia (SDM).

"Untuk mengoptimalkan kekayaan alam kita perlu sumber daya manusia yang unggul agar bisa mengelola sendiri,” kata dia dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Tenggarong, Kalimantan Timur, Jumat (9/2).

Dia pun meminta agar wajib belajar di Indonesia jangan hanya sembilan tahun. “Harusnya 12 tahun sehingga sumber daya manusia bisa maksimal,” sebut dia.

Menurut Mahyudin, kekayaan alam yang ada membuat bangsa lain iri dan ingin memilikinya.

Mahyudin Sebut Perlu SDM yang Unggul Untuk Optimalkan SDA

“Tak heran bila dulu Spanyol, Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang menjajah Indonesia. Mereka, bangsa asing, bukan hebat tetapi mempunyai taktik mengadu domba,” beber Mahyudin.

Untuk itu, Mahyudin menekankan, sosialisasi empat pilar ini adalah bagian penting untuk menanamkan pemahaman kepada masyarakat agar tak mudah diadu doma.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengatakan untuk mengoptimalkan kekayaan alam kita perlu sumber daya manusia yang unggul agar bisa mengelola sendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News