Main Pecat Ketua Golkar Daerah, Airlangga Hadapi Krisis Legitimasi?

Main Pecat Ketua Golkar Daerah, Airlangga Hadapi Krisis Legitimasi?
Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ubedilah Badrun menilai resistensi terhadap kepemimpinan Airlangga Hartarto di Partai Golkar meluas. Dosen di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengatakan, pemecatan terhadap sejumlah ketua Golkar di daerah menunjukkan Airlangga berupaya mempertahankan posisinya di kursi ketua umum partai berlambang beringin hitam tersebut.

"Ketika ada persoalan pemicu resistensi dari pengurus di DPD, itu artinya Airlangga sudah mengalami krisis legitimasi. Karena dia mengalami krisis legitimasi, maka sirkulasi pergantian menjadi penting," ‎ujar Ubedilah saat dihubungi, Rabu (7/8).

Karena itu Ubedilah menduga pemecatan para ketua DPD Golkar di sejumlah daerah mencerminkan ketidaknyamanan Airlangga terhadap Bambang Soesatyo alias Bamsoet yang juga akan maju sebagai calon ketua umum pada musyawarah nasional (munas) mendatang. Sebab, pemecatan itu diduga tanpa didasari aturan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) ataupun argumen yang kukuh.

BACA JUGA: Bakal jadi Kuda Hitam di Munas Golkar, Bamsoet Bisa Seperti Ical

"Perilakunya DPP kemudian memecat tanpa argumentasi, tanpa dasar konstitusi partai, tanpa argumen yang kukuh, tanpa AD/ART. Maka itu menunjukan bahwa perilaku DPP mengalami suatu situasi psikologis tidak nyaman dengan pengurus partai di bawahnya," kata dia.

Dengan kata lain, tutur Ubeidillah memperkuat argumennya, Airlanga menganggap Bamsoet sebagai ancaman dalam pemilihan calon ketua umum. Ubedillah menilai Airlangga takut bakal kalah bersaing dengan Bamsoet.

"Ada ketakutan karena politik faksi, ada kelompok, mungkin ketakutan dikalahkan juga dan lain-lain. S‎aya kira itu yang bisa dibaca," ungkapnya.

BACA JUGA: Penilaian Politikus PDIP soal Airlangga Vs Bamsoet di Bursa Calon Ketum Golkar

Pengamat politik Ubedilah Badrun menilai pemecatan terhadap ketua DPD Golkar di daerah mencerminkan resistensi terhadap kepemimpinan Airlangga Hartarto meluas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News