Mak Ganjar Banten Gandeng Nakes Gelar Penyuluhan Kanker Serviks

Mak Ganjar Banten Gandeng Nakes Gelar Penyuluhan Kanker Serviks
Mak Ganjar Banten saat melakukan penyuluhan bahaya kanker serviks. dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, TANGERANG - Edukasi mengenai pencegahan, deteksi dini, dan penanggulangan kanker serviks bagi perempuan penting untuk dilakukan. Pasalnya, setiap kaum hawa berisiko terkena penyakit tersebut.

Sukarelawan Mak Ganjar Wilayah Banten pun menginisiasi penyuluhan kanker serviks bekerja sama dengan tenaga kesehatan untuk ibu-ibu di wilayah Kel. Gerendeng, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Sabtu (4/3).

"Penyuluhan kanker serviks yang sekarang ini pertama itu dijelaskan tentang pengertian kanker serviks, penyebab, serta gejala-gejala kanker serviks," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Banten, Siti Hani dalam siaran persnya, Sabtu (4/2).

Sementara, merujuk pada data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2020, ada sebanyak 36.633 kasus baru kanker serviks menjangkit perempuan Indonesia.

Oleh karena itu, melalui penyuluhan mak-mak pendukung Ganjar Pranowo ini ingin agar perempuan melek terhadap kesehatan diri, dan alat reproduksi.

Menurut Hani, kunci dari pencegahan dan pengendalian kanker serviks adalah mengurangi gaya hidup tak sehat, sehingga angka kanker serviks di Indonesia bisa ditekan.

"Tujuan kegiatannya supaya mak-mak lebih sehat dan sadar diri. Karena reproduksi perempuan itu sangat penting sekali," ujar Hani.

Selain itu, Mak Ganjar Banten turut mengajak ibu-ibu melakukan senam bersama dan skrining penyakit tidak menular (ptm) seperti tensi, gula darah, kolesterol, hingga asam urat.

Sukarelawan Mak Ganjar Banten menggelar penyuluhan bahaya kanker serviks kepada ibu-ibu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News