Mak Ganjar Buka Kelas Tata Rias Untuk Berdayakan Perempuan

Mak Ganjar Buka Kelas Tata Rias Untuk Berdayakan Perempuan
Kelas tata rias yang diadakan Mak Ganjar bersama para perempuan di Depok. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, DEPOK - Kumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam jaringan sukarelawan Mak Ganjar membuka kelas online pelatihan tata rias dan strategi berbisnis jasa pada Kamis (28/9).

Sebanyak 1.000 perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kelas online tersebut. Sementara sebagian peserta hadir langsung secara luring di Kafe Artivator di Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat.

Koordinator Nasional Mak Ganjar, Nining mengatakan dua pelatihan dalam kelas ini merupakan upaya pemberdayaan perempuan, khususnya dari kalangan emak-emak.

Dalam sesi pelatihan pertama, para peserta dilatih untuk merias wajah mulai dari persiapan, membersihkan wajah, merias, dan pemberian informasi terkait produk kosmetik beserta kegunaannya.

"Pelatihan make up kita pilih karena setiap perempuan itu senang dilihat cantik. Baik itu yang di rumah yang ada di rumah maupun yang pekerja," ujar Nining.

Sementara dalam sesi pelatihan berikutnya, para peserta diedukasi bagaimana mengembangkan bisnis jasa tata rias mereka. Di antaranya cara memulai bisnis jasa, pengelolaan bisnis, strategi pemasaran, hingga cara menjalin komunikasi dengan konsumen.

"Tujuan kami nanti selain bisa merias, nanti ke depannya emak-emak tahu bahwa ladang ini bisa digunakan untuk mencari sesuap nasi, ataupun disebutnya untuk menghidupkan dapur," kata Nining.

Mak Ganjar menggandeng penata rias profesional dan salah satu pelaku bisnis jasa untuk menjadi pemateri dalam tersebut.

Sukarelawan Mak Ganjar membuka kelas tata rias untuk memberdayakan perempuan di Kota Depok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News