Makam Leluhur Dibongkar di Malam Jumat Kliwon

Makam Leluhur Dibongkar di Malam Jumat Kliwon
Makam Leluhur Dibongkar di Malam Jumat Kliwon
KENDARI - Warga Desa Purui Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara digegerkan oleh peristiwa pembongkaran kuburan leluhur mereka bernama Tortambi. Makam yang sudah berumur ratusan tahun itu, digali menggunakan pacul.  Penggalian tersebut terbilang sangat nekat karena membongkar kuburan yang berada di antara perkampungan anak cucunya saat malam jumat (26/8) diakhir ramadhan.

Menurut keterangan turunan keempat Tambi, Ia mengetahui pembongkaran mendiang leluhurnya tersebut malam sabtu, berdasarkan laporan keluarganya yang tidak lain adik sepupunya yang sedang beternak sapi. Waktu itu, adik sepupunya terkejut melihat kuburan sudah lubang berbentuk huruf L. Ia kemudian melaporkan kepada suaminya untuk menyampaikan kepada seluruh keluarga. Ia memperkirakan kuburan tersebut dibongkar tengah malam kliwon.

"Kami seluruh keluarga turun ke lokasi, ternyata memang benar sudah digali. Bayangkan saja, papannya masih utuh dan sudah berada di atas timbunan, padahal sudah berumur sekitar 200 tahun. Anehnya, kami tidak menemukan lagi bekas-bekas jenazahnya. Secara logika meski sudah ratusan tahun pasti masih ada tulang belulangnya, saya tidak tahu apakah motifnya mau mencuri mayat atau apa,"ujarnya saat ditemui dikediamannya.

Mantan kepala desa Purui ini juga bercerita, berdasarkan imformasi dari orang tua kandungnya tortambi adalah seorang tokoh terkuat dan terkaya semasa hidupnya. Saat meninggal Ia dimakamkan  bersama beberapa barang berharga dan senjata ampuhnya. Misalnya, parang, panah, piring dan lainya. Namun, saat mendatangi lokasi kuburan tidak ada sama sekali yang tertinggal kecuali sebuah piring jaman dulu yang sudah hancur berkeping-keping.

KENDARI - Warga Desa Purui Kecamatan Bondoala Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara digegerkan oleh peristiwa pembongkaran kuburan leluhur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News