Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?

Makan Buah Sebelum Tidur, Amankah bagi Kesehatan?
Buah-Buahan. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com - Bagi sebagian besar pelaku diet, sepertinya sudah menjadi kebiasaan untuk makan buah sebelum tidur sebagai pengganti makan berat di malam hari. Sebab, selain rasanya segar, buah juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan terkadang lebih mengenyangkan ketimbang sayur-sayuran.

Sayangnya, pamor makan buah untuk diet sempat “tercoreng” akibat info yang mengatakan makan buah sebelum tidur justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh. Bagaimana tanggapan medis mengenai hal ini?

dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter mengatakan bahwa pada dasarnya, yang menjadi masalah bukanlah dari buahnya, melainkan waktu pengonsumsiannya.

“Sebelum tidur, seseorang harus melalui proses pengosongan lambung terlebih dulu agar tidak ada gangguan asam lambung dan lain sebagainya.”

Misalnya, bila orang itu terbiasa tidur jam 10 malam, maka dia harus makan malam sekitar jam 6-7 malam. Sebab, kata dr. Devia, lambung butuh waktu setidaknya 3-4 jam untuk mencerna dan melakukan pengosongan.

“Nah, kalau Anda mengonsumsi banyak buah pukul 21.30, lalu Anda tidur pukul 22.00, maka buah-buahan yang ada di dalam perut Anda belum tercerna sempurna sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan,” ujar dr. Devia.

Dalam posisi berbaring, asam lambung pun akan naik ke kerongkongan hingga menciptakan rasa nyeri dan sensasi terbakar. Bukannya manfaat sehat yang didapat, justru sakit perut yang Anda rasakan.

Perhatikan juga jenis buahnya

Anda yang memiliki perut sensitif, sebaiknya perhatikan juga jenis buah yang hendak dikonsumsi. khususnya saat mendekati waktu tidur.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News