Sabtu, 22 September 2018 – 04:20 WIB

Makan Pedas Bisa Sembuhkan Sakit Kepala?

Rabu, 14 Maret 2018 – 04:03 WIB
Makan Pedas Bisa Sembuhkan Sakit Kepala? - JPNN.COM

Cabai. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - Ada yang berpendapat makanan pedas bisa menghilangkan keluhan sakit kepala. Apa benar? Yuk simak ulasan artikel berikut ini.

Proses biologis timbulnya rasa pedas.

Makanan Indonesia identik dengan rasa pedas. Rasa pedas tersebut terutama disebabkan oleh kandungan cabai yang dominan. Apa yang membuat cabai pedas? Tumbuhan cabe memproduksi zat bernama kapsaisin untuk pertahanan diri agar tidak dimakan oleh hewan. Kapsaisin ini memiliki rasa pedas dan ternyata disukai oleh manusia untuk menambah cita rasa makanan.

Nah, rasa pedas dari cabai sebenarnya dipicu oleh rangsangan zat kapsaisin pada reseptor panas yang terdapat pada lidah dan rongga mulut. Itulah mengapa rasa pedas pada cabai bisa menimbulkan sensasi terbakar di mulut.

Rangsangan panas ini kemudian diteruskan melalui serabut-serabut saraf dari lidah dan rongga mulut ke otak. Sebagai respons, otak mengeluarkan zat kimia seperti adrenalin dan endorfin.

Mekanisme rasa pedas menghilangkan sakit kepala.

Lantas, bagaimana makanan pedas bisa menghilangkan sakit kepala? Telah dijelaskan bahwa rasa pedas menyebabkan otak menghasilkan adrenalin dan endorfin.

Adrenalin merupakan zat yang dihasilkan tubuh dalam keadaan waspada. Adrenalin dapat menyebabkan kerja jantung bertambah cepat dan membuat pembuluh darah melebar. Dampaknya adalah mengurangi rasa kantuk Anda.

SHARES
TAGS   makanan pedas
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar