Makan racun Rumput, Puluhan Sapi Mati

Makan racun Rumput, Puluhan Sapi Mati
Makan racun Rumput, Puluhan Sapi Mati
NUNUKAN – Diduga akibat makan rumput yang tercampur bahan mengandung racun, puluhan sapi di Desa Srinanti dan Tabur Lestari, Kecamatan Seimanggaris ditemukan mati mendadak. Insiden yang baru pertama kali terjadi di Seimanggaris ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Nunukan Ir H. Yophie F Wowor, Rabu (5/6).

Menurut mantan Kadishutbun Nunukan ini, informasi sapi bantuan Pemprov Kaltim tahun 2006 itu mati, berasal dari masyarakat kelompok tani yang menemukan sapi peliharaannya mati secara bersamaan dalam tempo beberapa hari hingga jumlahnya mencapai puluhan ekor.

Selain melapor ke Dispertanak, kelompok petani juga melaporkan kejadian ini ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti.

Ditambahkan Yophie, kematian sapi dengan kondisi memprihatinkan itu terlihat tanda kerusakan seperti keluar darah dari kulit, mata, hidung, kuping dan beberapa organ lainnya. Mendapat laporan tersebut, Dispertanak langsung bergerak ke lapangan, namun kemudian memfasilitasi tim Laboratorium Penyakit di Banjarbaru (Kalimantan Selatan) untuk mengecek langsung kondisi ternak sapi yang mati tersebut.

NUNUKAN – Diduga akibat makan rumput yang tercampur bahan mengandung racun, puluhan sapi di Desa Srinanti dan Tabur Lestari, Kecamatan Seimanggaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News