Makanan Ini Mampu Lindungi Efek Reproduksi

Makanan Ini Mampu Lindungi Efek Reproduksi
ILUSTRASI. Fox News

jpnn.com - Makan makanan kedelai bisa membantu melindungi terhadap efek reproduksi dari bisphenol A (BPA) akibat bahan kimia dalam banyak produk konsumen plastik dan lapisan dalam beberapa makanan kaleng.

“Hasilnya benar-benar seperti apa yang kami harapkan,” kata pemimpin penulis, Dr. Jorge E. Chavarro, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (25/2).

BPA diketahui meniru estrogen dalam tubuh dan karena itu diyakini bisa mengganggu pembuahan dan implantasi telur yang dibuahi di dalam rahim.

Percobaan pada hewan pengerat menunjukkan bahwa kedelai yang juga berinteraksi dengan reseptor estrogen bisa mengimbangi atau mengurangi efek-efek BPA.

“Kami ingin menindaklanjuti hasil dua model eksperimental pada hewan pengerat di mana dua kelompok independen telah menemukan bahwa beberapa efek reproduksi yang merugikan dari BPA bisa dicegah dengan menempatkan tikus pada diet berbasis kedelai," kata Chavarro.

“Kami ingin melihat apakah interaksi yang sama terjadi pada manusia,” kata Chavarro.

Para peneliti mempelajari 239 perempuan yang menjalani siklus fertilisasi in vitro antara tahun 2007 dan tahun 2012. Para wanita ini menyelesaikan kuesioner diet dan memberikan sampel urine sebelum pengambilan telur untuk setiap siklus kesuburan.(fny/fri/jpnn)

Makan makanan kedelai bisa membantu melindungi terhadap efek reproduksi dari bisphenol A (BPA) akibat bahan kimia dalam banyak produk konsumen plastik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News