Makanan Terbaik untuk Kurangi Gejala Penyakit Crohn

Makanan Terbaik untuk Kurangi Gejala Penyakit Crohn
Yogurt dapat mengurangi gejala penyakit crohn. Foto: IST

jpnn.com - PENYAKIT Crohn dan kolitis ulserativa termasuk dalam gangguan inflamasi sistem pencernaan (inflammatory bowel disease/IBD). Kedua penyakit ini menyebabkan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap saluran pencernaan.

Meskipun diet tidak bisa menyembuhkannya, menghindari atau membuat pilihan makanan yang cerdas dapat membantu meringankan gejala penyakit ini. Pengaturan diet bagi penderita Crohn dapat berbeda-beda, tergantung pada makanan apa yang dapat memicu atau memperburuk gejala yang ada.

"Hindari makanan pemicu mengurangi berbagai gejala pencernaan yang anda alami, mulai dari perut kembung, nyeri perut, kram perut, dan diare," kata seorang profesor kedokteran dan kepala gastroenterologi di Universitas Chicago Medicine, Dr. David Rubin, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (9/10).

Selain itu, dengan menghindari makanan pemicu, anda juga memberikan waktu bagi usus anda yang meradang untuk menyembuh dan dengan demikian berbagai gangguan pencernaan yang anda alami pun akan membaik.

Berikut beberapa makanan yang dapat Anda coba untuk membantu meringankan gejala penyakit crohn.

1. Makanan tinggi serat

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan kacang-kacangan yang mengandung serat tinggi dapat menurunkan peradangan.

2. Makanan kaya protein dan domba

PENYAKIT Crohn dan kolitis ulserativa termasuk dalam gangguan inflamasi sistem pencernaan (inflammatory bowel disease/IBD). Kedua penyakit ini menyebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News