Makassar Terancam tak Dapat Kuota CPNS

Makassar Terancam tak Dapat Kuota CPNS
Makassar Terancam tak Dapat Kuota CPNS

jpnn.com - MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar terancam tak mendapatkan kuota untuk penerimaan CPNS 2014. Penyebabnya, struktur APBD yang lebih banyak untuk belanja pegawai.

Meningkat signifikannya belanja pegawai Pemkot Makassar ini dipengaruhi oleh masuknya tunjangan sertifikasi guru yang nilainya mencapai Rp316 miliar. Itu belum termasuk tambahan penghasilan guru sebesar Rp2,2 miliar.

"Dana sertifikasi guru ini benar-benar membebani APBD karena di tempatkan pada pos belanja pegawai," ujar Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Makassar, Erwin Syafruddin Haiya, di ruang kerjanya di Balaikota, Jumat (13/6).

Saat ini belanja pegawai dalam struktur APBD Kota Makassar sebesar Rp1,38 triliun dari total APBD sebesar Rp2,7 triliun. Sebelum masuknya transfer pusat berupa tunjangan profesi guru, APBD Kota Makassar hanya Rp2,38 triliun.

Erwin mengungkapkan, sejatinya transfer pembayaran tunjangan sertifikasi langsung ke rekening sekolah atau rekening guru yang bersangkutan agar tidak membebani APBD. Atau bisa ditransfer ke pemerintah provinsi sebelum diserahkan ke sekolah atau guru yang bersangkutan.

Persentase belanja pegawai terhadap total belanja daerah di Pemkot Makassar, yakni 51 persen belanja pegawai dan hanya 45 persen belanja nonpegawai.

Makanya, jika penerimaan CPNS tahun ini masih menerapkan regulasi tahun lalu, maka kemungkinan Makassar tidak akan mendapatkan kuota CPNS umum.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) hanya memberikan kuota CPNS umum kepada daerah yang struktur APBD-nya, belanja pegawai lebih rendah dari belanja lainnya atau belanja publik. Makanya ini yang akan dibahas bersama di Pemkot Makassar.

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar terancam tak mendapatkan kuota untuk penerimaan CPNS 2014. Penyebabnya, struktur APBD yang lebih banyak untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News