Make Up Artistik , Seram-Seram Cantik

Make Up Artistik , Seram-Seram Cantik
FACE PAINTING: Firza dan Indies Bobo menjadi model demo make-up artist Eddy Rizaldy Selasa (16/9). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

jpnn.com - SURABAYA– Begitu banyak eksplorasi rupa yang bisa dilakukan dengan sapuan make-up. Eddy Rizaldy, make-up artist Surabaya, memilih zombi sebagai inspirasi eksperimen terbarunya. Dalam demo face painting Selasa (16/9), Eddy melukis wajah model bernama Firza dengan konsep half zombie face alias wajah separo zombi.

”Jadi separo saya lukis cantik, satunya lagi serupa zombi,” jelas pemilik sebuah sekolah make-up artist itu.

Bagian yang dilukis seperti zombi tersebut diberi dasar putih pekat. Bahannya cat khusus wajah dicampur air. Menggunakan bantuan alatairbrush, adonan tersebut disemprotkan ke bagian yang diinginkan. Setelah itu, Eddy melukis detail-detailnya. Untuk gradasi warna, dia menggunakan palet-palet eye shadow. ”Pemulasan detail sebaiknya menggunakan kuas yang kecil, kaku, dan pipih,” ujarnya.

Berkutat beberapa saat, Eddy pun berhasil menghadirkan kesan kombinasi cantik sekaligus menyeramkan di wajah Firza. Setelah itu, Eddy mencoba gambar lain. Kali ini dia ingin menggambar wajah kembar siam dengan model Indies Bobo. Konsep tersebut lebih rumit karena harus mampu memberi efek tiga dimensi. ”Dalam satu wajah, harus bisa terlihat seakan ada dua wajah yang begitu mirip,” kata Eddy.

Langkah pertama adalah menggambar sisi yang merupakan efek kembaran. ”Bagian paling sulit adalah menggambar hidung. Melukisnya menggunakan pensil alis, harus berkonsentrasi tinggi supaya tergambar simetris,’’ ucapnya.

Jangan lupa menambahkan gambar bibir kecil nan imut berwarna merah menyala. Yang paling penting dalam lukisan kembar siam adalah pemberian shading di bagian bawah bibir lukisan. Dengan gradasi hitam yang mengarah pada warna kulit, shading memberi efek tiga dimensi.

Seolah-olah lukisan tersebut adalah wajah yang menonjol. Menurut Eddy, dirinya sering membuat face painting dengan tema kembar siam. ’’Malam-malam saya sering melukis tema begini. Lama-lama kalau dilihat jadi seram sendiri,’’ ucapnya lantas tertawa.

Siapa saja yang bisa melakukan face painting? Eddy mengatakan, semua orang yang suka melukis juga bisa melakukan face painting. Tapi, khusus untuk seseorang yang belajar make-up, materi face painting masuk dalammake-up artistik. ”Materi make-up artistik didapatkan setelah lolos materi make-up wedding karena lebih kompleks,” jelasnya. (ina/c7/ayi)

SURABAYA– Begitu banyak eksplorasi rupa yang bisa dilakukan dengan sapuan make-up. Eddy Rizaldy, make-up artist Surabaya, memilih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News