Makin Banyak PTS Naik Kelas, Bersaing dengan PTN

Makin Banyak PTS Naik Kelas, Bersaing dengan PTN
Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, makin banyak PTS yang naik kelas dilihat dari kinerja penelitian. Foto: Humas Kemenristek/BRIN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, makin banyak perguruan tinggi swasta (PTS) naik kelas, dilihat dari kinerja penelitian yang dilakukan.

Tercatat dari 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok mandiri, 17 di antaranya adalah PTS. Sisanya perguruan tinggi negeri (PTN).

“ini patut disyukuri, makin banyak PTS yang naik kelas. Mereka bisa bersaing dengan PTN," kata Bambang Konferensi Pers Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi Tahun 2016-2018 di Jakarta, Selasa (19/11) sore.

Berdasarkan analisis terhadap data yang telah diverifikasi, terdapat 47 perguruan tinggi yang masuk dalam kelompok mandiri, 146 perguruan tinggi kelompok utama, 479 perguruan tinggi kelompok madya, dan sebanyak 1.305 perguruan tinggi kelompok binaan.

Jumlah kontributor sebanyak 1.977 perguruan tinggi, meningkat dari periode 2013-2015 yang hanya mencapai 1.447 perguruan tinggi.

Menteri Bambang menyampaikan, jangan sampai perguruan tinggi hanya fokus pada pengajaran sehingga mengabaikan penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Dia berharap PTN dan PTS bisa bekerja sama dalam penelitian dan pemberdayaan masyarakat, sehingga kualitas penelitian dapat menunjang ranking perguruan tinggi itu sendiri.

Dia juga mengajak staf pengajar dan peneliti di perguruan tinggi seluruh Indonesia untuk meningkatkan dan memberikan karya terbaik, dengan kearifan lokal daerah masing-masing. (esy/jpnn)

Menristek Bambang Brodjonegoro menyebut sudah makin banyak perguruan tinggi swasta alias PTS yang mampu bersaing dengan PTN dilihat dari kinerja penelitian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News