Makin Lembek, Kim Jong Un Kembali Mengaku Gagal

Makin Lembek, Kim Jong Un Kembali Mengaku Gagal
Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju. Foto: KCNA

jpnn.com, PYONGYANG - Pemimpin Korea Utama Kim Jong Un kembali tampil apa adanya dan menunjukkan kelemahan saat membuka kongres Partai Buruh, Selasa (5/1). 

Dalam pidatonya, cucu pendiri Korut Kim Il Sung itu menyatakan bahwa rencana ekonomi lima tahunan yang ia canangkan telah gagal mencapai target dalam hampir setiap sektor.

"Strategi ini ditargetkan untuk tahun lalu, tetapi telah gagal mencapai tujuan di hampir semua sektor," kata Kim, seperti dikutip dari kantor berita negara, KCNA.

Untuk diketahui, seperti diktaktor lainnya dalam sejarah manusia, keluarga Kim memanfaatkan kekuasaannya untuk membangun citra pemimpin setengah dewa yang tidak memiliki kelemahan sedikit pun.

Propaganda tersebut yang membuat ulang tahun Kim Il Sung sampai sekarang masih jadi hari terpenting dalam kalender Korut dan dirayakan seluruh rakyat layaknya sebuah hari besar agama. 

Karena itu, pernyataan Kim yang mengakui kegagalan, jelas sangat bertentangan dengan mitos kultus individu yang sudah dibangun kakek dan ayahnya. 

Kongres kali ini, yang dihadiri oleh 4.570 delegasi dan 2.000 pengamat, digelar hanya dua pekan sebelum pelantikan Presiden Terpilih Amerika Serikat Joe Biden pada 20 Januari mendatang.

Pertemuan politik itu, yang terakhir digelar oleh Kim pada 2016 lalu, menarik perhatian masyarakat internasional yang ingin menyaksikannya membuka rencana ekonomi lima tahunan baru serta memaparkan kebijakan terhadap Korea Selatan, juga kebijakan luar negeri.

Kim Jong Un kembali memperlihatkan sisi lembeknya. Kali ini dia melakukannya di hadapan para petinggi Partai Buruh Korea Utara

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News