Makin Maju, MIND ID Terapkan Smart Operation Industri Pertambangan

Makin Maju, MIND ID Terapkan Smart Operation Industri Pertambangan
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia berkomitmen untuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif. Foto: Dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia berkomitmen untuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif dan berkelanjutan melalui digitalisasi.

Adapun bagian dari MIND ID adalah PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk.

Dirtektur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso mengatakan MIND ID mengedepankan inovasi dan perbaikan berkelanjutan, selalu beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan salah satu pilar sustainability pathway MIND ID, yaitu pilar Smart Operation di mana MIND ID terus mendorong terciptanya inovasi untuk memaksimalkan proses bisnis dan kegiatan operasional.

“Grup MIND ID tetap memperhatikan komitmen pelaksanaan praktik pertambangan yang baik (good mining practices),” kata Hendi.

Hedi mencontohkan dalam sistem pengolahan, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air tambang MIND ID telah mengembangkan aplikasi digital bernama MASTERMINE.

Sistem yang terintegrasi secara digital ini dapat meningkatkan efektifitas manajemen limbah tambang.

Presiden RI, Joko Widodo juga telah meresmikan secara langsung Praktik smart operation di PT Freeport Indonesia yang menjadi pelopor dalam penerapan teknologi 5G Smart-Mining pertama di Asia Tenggara guna mendukung digitalisasi dan transformasi operasional industri pertambangan di Indonesia.

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia berkomitmen untuk membangun ekosistem pertambangan yang inovatif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News