Makin Panas, Iran Resmi Adukan Amerika ke PBB

Makin Panas, Iran Resmi Adukan Amerika ke PBB
Presiden Iran Hassan Rouhani. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Iran telah secara resmi mengadukan Amerika Serikat ke PBB atas insiden drone atau pesawat tak berawak yang terjadi beberapa waktu lalu.

Keluhan tersebut menuduh bahwa drone milik Amerika Serikat telah melanggar wilayah udara Iran. Keluhan itu juga menekankan bahwa Iran memiliki hak untuk menanggapi hal yang sama jika itu terjadi lagi.

"Keluhan itu diajukan ke Dewan Keamanan PBB atas agresi terhadap wilayah udara kita oleh pesawat tak berawak Amerika. Keluhan itu menyatakan bahwa Teheran berhak untuk menanggapi dengan tegas jika Amerika Serijat mengulangi pelanggaran itu," kata Wakil Menteri Luar Negeri Iran Gholamhossein Dehghani seperti dimuat Al Jazeera.

BACA JUGA: Militer Amerika Jauh Lebih Kuat, Tetapi Iran Punya Teknologi Mematikan

Insiden drone yang dimaksud adalah kejadian di mana Iran menembak jatuh drone Amerika Serikat yang masuk ke wiayah udaranya beberapa waktu lalu.

Namun Amerika Serikat menuding bahwa Iran menembak jatuh drone itu di wilayah perairan internasional.

Insiden itu menandai serangan langsung pertama yang diklaim Iran terhadap aset Amerika Serikat dan terjadi di tengah ketegangan yang meningkat antara kedua negara. (rmol/jpg)


Iran telah secara resmi mengadukan Amerika Serikat ke PBB atas insiden drone atau pesawat tak berawak yang terjadi beberapa waktu lalu.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News