Malabero Membara, Komisi III Bakal Cecar Menkumham dan Kepala BNN

Malabero Membara, Komisi III Bakal Cecar Menkumham dan Kepala BNN
Nasir Jamil. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Komisi III DPR berencana memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Kepala BNN Budi Waseso, pasca kasus pembakaran Rutan Malabero di Bengkulu oleh warga binaan ketika ada operasi BNNP Bengkulu.

"Kami akan rapat mencari titik temu sehingga ke depan tidak terjadi lagi seperti itu," kata Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil, Minggu (27/3).

Dalam menyikapi peristiwa itu, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menyarankan agar segera dilakukan perbaikan regulasi yang membatasi remisi dan pembebasan bersyarat bagi para napi.

"Aturan ini harus dicabut dan undang undang pemasyarakatan direvisi, sehingga hak hak napi dapat direalisasikan sesuai dengan asas dan tujuan pemidanaan," katanya.

Kemudian, perbaikan sarana dan prasarana di Lapas sehingga model bangunannya dapat mengantisipasi jika ada kerusuhan ataupun ganguan dari pihak luar ke dalam Lapas. 

Terakhir, peningkatan kapasitas kompetensi dan integritas aparat Lapas yang saat ini menurutnya kurang menghayati dan menjalankan nilai-nilai pemasyarakatan seperti yang diatur dalam UU.

"MoU antara BNN dan Kemenkum HAM sudah dibuat tapi ternyata koordinasi belum maksimal. Harus diakui bahwa Rutan dan Lapas sudah menjadi rahasia umum sebagai tempat yang empuk mengedarkan narkoba, dikendalikan dari Lapas," pungkasnya.(fat/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News