Malam Ini Puncak Arus Mudik di Merak

Malam Ini Puncak Arus Mudik di Merak
Malam Ini Puncak Arus Mudik di Merak

jpnn.com - PULOMERAK - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak memperkirakan puncak arus mudik bakal terjadi pada Jumat (1/7) malam. Semua pegawai baik di pemerintahan maupun swasta mulai libur sehingga diperkirakan para pekerja diperkirakan langsung menuju ke kampung halamannya.

Berdasarkan data penumpang dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak pada H-7 tercatat jumlah penumpang yang sudah melakukan perjalanan menuju Sumatera mulai meningkat. Kemarin (30/6), penumpang pejalan kaki mencapai 43.773 orang, kendaraan roda dua sebanyak 1.972 unit, kendaraan pribadi 4.587 unit, bus 317 unit, dan truk 2.084 unit.

Sedangkan data dari Terminal Terpadu Merak (TTM), jumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke dalam terminal sebanyak 458 unit dengan jumlah penumpang yang turun sebanyak 4.302 orang dan penumpang yang naik sebanyak 1.777 orang.

Pantauan di lapangan arus mudik mulai ramai di Pelabuhan Merak karena para pemudik baik pejalan kaki maupun menggunakan kendaraan pribadi mulai berdatangan. Meski ramai, keadaan di pelabuhan tidak menimbulkan kemacetan maupun penumpukan kendaraan. 

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan, berdasarkan kebiasaan pemudik tahun-tahun sebelumnya, lonjakan bisa terjadi ketika para pegawai di perusahaan maupun pemerintah mulai libur. "Diperkirakan Jumat (hari ini), soalnya hari Sabtunya mereka ini sudah mulai libur. Kemungkinan para pekerja dari perusahaan ini langsung menuju pelabuhan," katanya, kemarin.

Untuk mengantisipasi adanya antrean penumpang dan kendaraan baik didalam maupun diluar pelabuhan, pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi seperti mengoperasikan sebanyak 56 kapal ro-ro agar semua pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera tidak terlantar di pelabuhan. "Kapal yang dioperasikan tetap 28, yang siap operasi ada 56 kapal. Sehari bisa sampai bisa sampai 90 trip," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menambah loket penumpang di dalam dan di luar pelabuhan dengan tujuan mengurai kemacetan dab penumpukan penumpang seperti yang biasa terjadi saat arus mudik Lebaran berlangsung. Dengan begitu, fokus pelayanan loket penumpang tidak hanya terpusat di dalam pelabuhan saja, tetapi terbagi ke beberapa titik seperti di TTM, stasiun kereta api dan di rest area tol Tangerang-Merak. "Pemudik kendaraan roda empat bisa membeli tiket di rest area KM 43 dan KM 68. Kita juga sudah ada 51 loket di pelabuhan. Tahun ini kita prediksi kenaikannya kalau penumpang 5 persen kalau kendaraan bisa sampai 6 persen," tambahnya.

Sementara itu petugas data TTM, Andi Suhandi mengatakan, saat ini kondisi diterminal masih terlihat normal. Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang naik dan turun di Terminal Merak. Diperkirakan, pada Jumat (1/7) malam akan terjadi peningkatan yang cukup tajam. "Puncak arus mudik bisa kita prediksi dari hari libur buruk pabrik di wilayah Serang Timur. Jika libur pada hari Sabtu (2/7) maka, kemungkinan puncak arus mudik akan terjadi hari Jumat (1/7)," katanya. (mg10/ibm/dil/jpnn)

PULOMERAK - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak memperkirakan puncak arus mudik bakal terjadi pada Jumat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News