Malaysia Dua Kali Juara AFF U-19 di Indonesia, Garuda Nusantara Baru Sekali

Malaysia Dua Kali Juara AFF U-19 di Indonesia, Garuda Nusantara Baru Sekali
Skuad Timnas Malaysia U-19 yang berlaga di Piala AFF U-19 2022. Foto: AFF/FAM

jpnn.com, BEKASI - Keberhasilan Malaysia menjuarai Piala AFF U-19 pada 2022 membuatnya mengulang sukses di ajang yang sama pada 2018. Uniknya, tim berjuluk Harimau Muda Malaya itu meraih gelar juara juga di tanah Indonesia.

Bedanya, pada 2018, Malaysia U-19 menjadi juara setelah mengalahkan Myanmar dengan skor 4-3. Malaysia saat itu menuju final setelah menang adu penalti lawan Indonesia di semifinal.

Pada edisi 2022, Malaysia tidak mengalahkan Indonesia di semifinal karena skuad Garuda Nusantara polesan Shin Tae Yong gagal di fase grup. Malaysia lolos ke final setelah menang lawan Vietnam dengan skor 3-0 di semifinal.

Malaysia kemudian memastikan diri menjadi juara Piala AFF U-19 2022 setelah menang 2-0 atas Laos dalam laga final di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (15/7) malam.

Keberhasilan Malaysia ini menunjukkan kejituan taktik pelatihnya karena sebelumnya hanya lolos sebagai runner-up grup B.

Keberhasilan Malaysia ini memutus rekor belum pernah kalah tim Laos di Piala AFF U-19 2022 ini. Sebab, di fase grup, Laos adalah tim yang sempurna dan selalu menang di semifinal mematahkan prediksi dengan mengalahkan Thailand.

Namun, di partai puncak, mental juara dan kejituan strategi Malaysia memutus rekor Laos.

Suporter Indonesia beruntung tidak menerima tantangan pelatih Laos Michael Weiss untuk datang ke stadion dan memberikan dukungan ke tim yang menjadi lawan Malaysia di partai puncak. Jika ada suporter Indonesia yang datang, dipastikan bakal makin sakit melihat Malaysia mampu juara dua kali di Indonesia.

Tanah Indonesia rupanya membawa keberuntungan bagi Malaysia. Setelah edisi 2018, Malaysia juara untuk kali kedua dalam Piala AFF U-19 2022 di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News