Malaysia v Indonesia: Demi Harga Diri!

Malaysia v Indonesia: Demi Harga Diri!
SIAP - Timnas Garuda saat akan tampil berlaga. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
KUALA LUMPUR - Siapa yang akan menjadi juara Piala AFF 2010 akan banyak ditentukan oleh hasil pertandingan di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, malam nanti. Itu adalah saat tuan rumah Malaysia yang akan menjamu timnas Indonesia.

Duel malam nanti dipastikan akan sarat gengsi dan emosi. Sebab, selain kedua tim bakal "bertempur" mati-matian untuk mencatat sejarah kali pertama menjadi juara, laga ini diakui atau tidak juga kental beraroma pertaruhan harga diri. Bukan rahasia lagi, hubungan Indonesia-Malaysia kerap mengalami pasang surut.

Di lapangan hijau, Indonesia dan Malaysia memiliki sejarah panjang dalam persaingan prestasi. Sepanjang sejarah, Tim Merah Putih dan Harimau Malaya - julukan timnas Malaysia - pernah bertemu 71 kali. Skor sementara, Indonesia masih unggul, yaitu menang 27 kali, seri 19 kali, dan kalah 25 kali. Total dari 71 kali pertemuan itu, pemain-pemain Indonesia mencetak gol 110 kali dan Malaysia 105 kali.

Indonesia juga unggul dalam head to head di Piala AFF. Dari lima kali pertemuan, Indonesia memetik kemenangan tiga kali dan kalah dua kali. Kemenangan fenomenal terjadi pada Piala AFF 2004 (saat itu masih bernama Piala Tiger, Red). Saat itu, di leg pertama (28 Desember 2004), bermain di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Indonesia menyerah 1-2 dari Malayia. Tapi giliran Kurniawan Dwi Julianto dkk melawat ke Stadion Bukit Jalil, para pemain Indonesia mengamuk dan mempermalukan Malaysia dengan skor telak 1-4.

KUALA LUMPUR - Siapa yang akan menjadi juara Piala AFF 2010 akan banyak ditentukan oleh hasil pertandingan di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, malam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News