Mana yang Dipakai Lebih Dulu, Pelembab Atau Sunscreen? Ini Urutan yang Benar

Mana yang Dipakai Lebih Dulu, Pelembab Atau Sunscreen? Ini Urutan yang Benar
Menggunakan skincare ke wajah (Ilustrasi). Foto: Prevention

jpnn.com - Anda tentu tak boleh asal dalam menggunakan perlindungan untuk wajah sehari-hari. Meski kulit wajah menyerap keduanya dengan cara yang sama, moisturizer dan sunscreen memiliki efek yang berbeda terhadap kulit.

Nah, untuk menentukan apakah Anda harus memakai moisturizer dulu atau sunscreen, coba kenali fungsinya berikut ini:

1. Fungsi moisturizer

Moisturizer berfungsi menjaga kelembapan kulit dan memperbaiki teksturnya. Produk ini biasanya mengandung humektan seperti gliserin, asam laktat, atau urea. Humektan adalah bahan yang dapat menarik air ke dalam kulit sehingga kulit wajah tetap lembap.

Kebanyakan moisturizer juga mengandung emolien berupa minyak nabati dan lanolin yang mampu melembutkan kulit. Kombinasi humektan dan emolien tidak hanya membuat wajah terasa lembap, tapi juga halus dan kenyal dengan tekstur yang merata.

2. Fungsi sunscreen

Bila Anda bingung perlu memakai moisturizer dulu atau sunscreen, hal ini mungkin bisa menjadi petunjuknya. Melansir Skin Cancer Foundation, fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan sunburn, penuaan dini, bahkan kanker.

Saat membeli sunscreen, pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau 50 untuk memperoleh perlindungan maksimal. Sunscreen sebaiknya digunakan kembali setiap 2 jam, terutama setelah Anda berkeringat, berenang, atau mencuci muka.

Urutan penggunaan skincare memang membingungkan karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News