Mandelson: Posisi Brown Aman

Mandelson: Posisi Brown Aman
Gordon Brown. Foto: EPA
LONDON - Gordon Brown disebutkan masih bakal aman sebagai kandidat perdana menteri (PM), karena Partai Buruh yang menaunginya diklaim telah mencapai kesepakatan untuk mengusungnya ke proses pemilihan umum. Hal itu diungkapkan oleh salah seorang tokoh sentral partai tersebut, Lord Mandelson, sebagaimana diberitakan BBC, Kamis (7/1) siang WIB.

Pernyataan Mandelson ini keluar sehari setelah sebuah 'drama' terjadi di kalangan politisi Partai Buruh. Dalam intrik itu, dua mantan menteri kabinet mengajukan usul untuk diadakannya pertemuan khusus para MP (semacam gubernur, Red) Partai Buruh, demi memberi penilaian (negatif) terhadap kepemimpinan Brown. Namun, sejauh ini tak ada menteri yang mendukung gerakan itu, kecuali beberapa orang MP dari kalangan partai tersebut.

Namun demikian, sumber BBC menyebutkan bahwa kalangan penggagas gerakan tersebut meyakini setidaknya ada enam orang menteri yang bakal mendukung, dalam situasi dan "pada saat yang tepat". Sebagaimana disebutkan oleh editor politik BBC, Nick Robinson, menurut keterangan narasumber terpercayanya, keenam anggota kabinet itu masing-masing adalah Harriet Harman, David Miliband, Bob Ainsworth, Jack Straw, Jim Murphy, serta Douglas Alexander.

Meski begitu, ditegaskan pula bahwa sejauh ini belum ada satu pun bukti kalau nama-nama itu memang terlibat dalam perancangan gerakan 'kudeta' terhadap Brown tersebut. Disebutkan juga, bahwa Geoff Hoon dan Patricia Hewitt sendiri, kedua mantan menteri yang menulis surat untuk mengadakan pertemuan rahasia para tokoh Partai Buruh itu, mengaku sejauh ini tak melakukan kontak apapun dengan anggota kabinet.

LONDON - Gordon Brown disebutkan masih bakal aman sebagai kandidat perdana menteri (PM), karena Partai Buruh yang menaunginya diklaim telah mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News