Mandi Air Panas Bisa Membakar Kalori?

Mandi Air Panas Bisa Membakar Kalori?
Mandi. Foto IST

jpnn.com - Memang tak ada yang lebih nikmat dari mandi air panas setelah berolahraga. Namun sayangnya, mandi air panas ternyata tidak bisa membakar kalori.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli fisiologi latihan Steve Faulkner melihat hubungan antara mandi air hangat, gula darah dan kalori yang dibakar tubuh.

Penelitian yang hanya dilakukan pada 14 subjek laki-laki menemukan mandi air hangat ternyata hanya membakar sekitar 140 kalori per jam dan menurunkan gula darah puncak setelah makan sekitar 10 persen lebih.

Kebanyakan ahli dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang membakar sekitar 100 kalori setiap berjalan sejauh satu mil.

Artinya. Anda harus menghabiskan satu jam di kamar mandi untuk membakar jumlah yang sama setiap Anda berlari sejauh satu mil.

"Satu-satunya alasan tubuh akan membakar kalori adalah air panas akan meningkatkan termoregulasi untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin," kata ahli fisiologi latihan Pete McCall, Ph.D, seperti dilansir laman Glamour, Minggu (14/5).

"Air panas bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi tubuh," jelas
McCall.

Menurutnya, jika kita bisa meningkatkan jumlah oksigen tubuh, Anda juga bisa meningkatkan pembakaran kalori.

Memang tak ada yang lebih nikmat dari mandi air panas setelah berolahraga. Namun sayangnya, mandi air panas ternyata tidak bisa membakar kalori.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News