Minggu, 16 Desember 2018 – 09:43 WIB

Mandi Kebal, Abah Gunung Ungkap 2 Jenis Ritual

Senin, 11 Desember 2017 – 00:23 WIB
Mandi Kebal, Abah Gunung Ungkap 2 Jenis Ritual - JPNN.COM

jpnn.com - Tradisi mandi kebal seolah melengkapi kebiasan sebagian masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, yang senantiasa membawa senjata tajam.

SALAHUDIN, Kandangan

SUPAYA memiliki ilmu taguh atau kebal terhadap berbagai jenis sajam dan senjata api, ada beberapa cara yang biasa dilakukan warga di Kabupaten HSS.

Mulai dari latihan mengolah jiwa dan raga melalui tirakat tertentu seperti kajian ataupun amalan, sampai bauntalan. Tak ketinggalan, cara yang populer dilakukan adalah dengan ritual mandi taguh atau mandi kebal.

Secara logika, mandi taguh sulit dijelaskan. Tapi percaya atau tidak, mandi taguh diyakini sebagian masyarakat bisa membuat orang yang melakukannya menjadi taguh atau kebal.

Bagi warga sendiri, mandi taguh ditujukan bukan menjadi jagoan. Namun, yang paling utama untuk menjaga diri saat akan meninggalkan kampung halaman atau merantau ke daerah lain.

Radar Banjarmasin (Jawa Pos Group) mendatangi salah satu praktisi supranatural M Burhanuddin Rabbani atau biasa dipanggil Abang Gunung (61), di Desa Tabihi, Kecamatan Padang Batung, HSS.

Sampai saat ini, Abah Gunung dipercaya memiliki keahlian memandikan seseorang supaya bisa kebal.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar