Mandiri Kuasai Pasar Kredit Sindikasi

Mandiri Kuasai Pasar Kredit Sindikasi
Mandiri Kuasai Pasar Kredit Sindikasi
JAKARTA - Bank Mandiri mencatatkan diri sebagai penyalur kredit sindikasi terbesar di Indonesia sepanjang 2011. Saat ini, hanya terdapat tiga bank nasional yang masuk dalam jajaran 10 besar mandated arranger, salah satunya adalah Bank Mandiri.

Menurut data Bloomberg, kredit sindikasi yang ditangani Bank Mandiri mencapai USD 1,813 miliar atau setara dengan Rp 16,7 triliun. Jumlah penyaluran kredit sindikasi tersebut membuat Bank Mandiri berada di posisi teratas sebagai mandated arranger di tanah air. Pangsa pasar Bank Mandiri untuk mandated arranger saat ini sebesar 12,4 persen atau tumbuh 3,7 persen dibandingkan tahun 2010.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Fransisca Nelwan Mok mengemukakan, salah satu project financing terbesar yang ditangani Bank Mandiri pada 2011 adalah pembiayaan kepada PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk kaltim). "Kontribusi Bank Mandiri dalam pembiayaan sindikasi yang ini sebesar Rp 1,2 triliun dan USD162,7 juta, dengan nilai total setara dengan  Rp 2,7 triliun," ujarnya, Minggu  (8/1).

Secara total, kredit sindikasi untuk Pupuk Kaltim tersebut mencapai Rp 4,3 triliun itu. Bank Mandiri menjadi mandated lead arranger untuk pembiayaan dalam denominasi rupiah sebesar Rp 1,35 triliun dan valas sebesar USD 337 juta.

JAKARTA - Bank Mandiri mencatatkan diri sebagai penyalur kredit sindikasi terbesar di Indonesia sepanjang 2011. Saat ini, hanya terdapat tiga bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News