Selasa, 24 Oktober 2017 – 03:40 WIB

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan

Selasa, 10 Oktober 2017 – 04:55 WIB
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan - JPNN.COM

Jahe. Foto IST

jpnn.com - Meski kalah popularitas dari jahe kuning yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur, jahe merah ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan pencernaan.

Salah satu alasan mengapa jahe merah berkhasiat untuk kesehatan pencernaan, karena terdapat kandungan gingerol di dalamnya.

Gingerol merupakan komponen bioaktif utama dalam jahe merah, yang memiliki efek antioksidan dan mampu melawan peradangan dalam tubuh.

Tak hanya itu, bagi Anda yang mengalami mual disebabkan kehamilan, terutama kehamilan muda disarankan rutin mengonsumsi jahe merah. Berdasarkan penelitian terhadap 1.278 wanita hamil, konsumsi 1,1-1,5 gram jahe dalam sehari bisa membantu mengatasi gejala mual akibat hamil muda.

Bila kesehatan pencernaan Anda tidak lancar, atau sering mengalami kembung atau sakit mag, jahe merah bisa menjadi solusi lantaran memiliki kemampuan untuk mempercepat pengosongan lambung, sehingga bisa meringankan gejala kembung dan sakit mag.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi 1,2 gram jahe merah sebelum makan bisa mempercepat pengosongan lambung sebesar 50 persen.

Melihat banyaknya manfaat jahe merah bagi kesehatan pencernaan dan mengatasi mual saat kehamilan, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya.(DA/RVS/klikdokter)

SHARES
loading...
loading...
Komentar