Kamis, 22 Agustus 2019 – 16:40 WIB

Manfaat Operasi Penurunan Berat Badan

Selasa, 10 Mei 2016 – 17:31 WIB
Manfaat Operasi Penurunan Berat Badan - JPNN.COM

Ilustrasi

OPERASI penurunan berat badan tampaknya bisa membantu meringankan nyeri sendi dan meningkatkan mobilitas keseharian Anda, dalam jangka panjang.

"Studi sebelumnya telah melaporkan peningkatan rasa sakit dan fungsi setelah operasi penurunan berat badan," kata penulis studi, Wendy King, seperti dilansir laman Health, Senin (9/5).

Namun, sebagian besar penelitian itu hanya mengikuti objek yang diteliti selama satu tahun, setelah prosedur operasi penurunan berat badan mereka lakukan.

"Kami menemukan melalui tiga tahun masa tindak lanjut, tergantung pada ukuran, 50-75 persen orang dewasa dengan obesitas berat yang menjalani bariatric (operasi penurunan berat badan), mengalami perbaikan klinis yang signifikan dalam rasa sakit, fungsi fisik dan berjalan," jelas King.

Temuan itu, sambung King memperkuat temuan studi jangka pendek lainnya. Di mana, Raja dan timnya mengevaluasi lebih dari 2.200 pria dan wanita, yang menjalani operasi penurunan berat badan di salah satu dari sepuluh rumah sakit di seluruh Amerika Serikat.

Usia rata-rata pasien adalah 47 tahun dan indeks massa tubuh rata-rata mereka (BMI) lebih dari 45, yang dianggap sangat gemuk. Kebanyakan memiliki operasi yang dikenal sebagai bypass lambung, yang mengurangi ukuran perut.

Pada awal penelitian, 44 persen tidak bisa berjalan seperempat mil dalam tujuh menit, ukuran yang umum digunakan untuk menilai mobilitas. Setelah tiga tahun, hanya 26 persen yang tidak bisa berjalan seperempat mil dalam tujuh menit.

Dan sekitar tiga-perempat dari mereka dengan nyeri pinggul parah atau nyeri lutut memiliki perbaikan dalam gejala osteoarthritis pada tahun ketiga.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar