Manfaatkan Fasilitas Bea Cukai, Perusahaan Ini Ekspor Used Cooking Oil ke Malaysia

Manfaatkan Fasilitas Bea Cukai, Perusahaan Ini Ekspor Used Cooking Oil ke Malaysia
Perusahaan ini melepas ekspor perdana used cooking oil senilai USD 2,586,44 dengan tujuan Port Klang Malaysia. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus memberikan fasilitas pusat logistik berikat ke sejumlah perusahaan yang ingin melakukan ekspor.

Hasilnya, PT Alpine Biofuels Commodities lepas ekspor perdana 2.748,6 ton used cooking oil senilai USD 2,586,44 dengan tujuan Port Klang Malaysia pada Senin (2/10).

Used cooking oil yang diekspor tersebut akan diolah kembali menjadi bahan bakar biodisel di Malaysia.

PT Alpine Biofuels Commodities adalah salah satu perusahaan pengguna fasilitas pusat logistik berikat (PLB) yang diterbitkan Kantor Wilayah Bea Cukai Banten pada 29 Mei 2023.

PLB merupakan gudang multifungsi untuk menimbun barang impor atau lokal dengan fasilitas perpajakan, kepabeanan, dan fleksibilitas operasional lainnya.

Dengan menggunakan fasilitas ini, perusahaan dapat memperoleh beberapa manfaat, di antaranya penangguhan bea masuk, penangguhan pajak, penagguhan izin impor, kepemilikan barang yang fleksibel, jangka waktu timbun barang yang fleksibel tiga tahun atau lebih, serta asal dan tujuan barang yang fleksibel yaitu impor, lokal, dan ekspor.

Kepala Kantor Kantor Wilayah (Kakanwil) Bea Cukai Banten, Rahmat Subagio mengatakan pelepasan ekspor ini pun menjadi aksi nyata dukungan Bea Cukai terhadap kegiatan eksportasi yang dilakukan oleh para pengusaha pengguna fasilitas di lingkungan Kantor Wilayah Bea Cukai Banten.

Dia menyebut pemanfaatan fasilitas PLB oleh PT Alpine berbuah manis dengan keberhasilan pelaksanaan ekspor perdana.
"Kami berharap ekspor ini dapat ditindaklanjuti dengan ekspor-ekspor berikutnya, agar mendatangkan devisa, yang dapat ikut memperkuat perekonomian nasional," ujarnya.

Perusahaan ini melepas ekspor perdana used cooking oil senilai USD 2,586,44 dengan tujuan Port Klang Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News