Manfaatkan Pandemi Corona, Kapal Tiongkok Kembali Berkeliaran di Laut China Selatan

Manfaatkan Pandemi Corona, Kapal Tiongkok Kembali Berkeliaran di Laut China Selatan
Peta wilayah Laut China Selatan (LCS). Ilustrasi: The Economist

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Di tengah pandemi virus corona, Tiongkok kembali bikin ulah di Laut China Selatan. Sebuah kapal survei milik Negeri Panda itu terpergok menerobos perairan Vietnam dan Malaysia

Kapal Haiyang Dizhi 8 diduga memulai survei di perairan sepanjang 352 kilometer (218 mil) dari lepas pantai Brunei Darussalam dan Malaysia. Kawasan tersebut masuk ke dalam wilayah utara zona ekonomi eksklusif (ZEE) Malaysia.

Seorang pejabat yang menolak disebutkan namanya mengatakan, kapal penjaga pantai Malaysia, KM Pekan, membayangi kapal survei Tiongkok itu. kata seorang pejabat bidang maritim Malaysia. Selama berlayar, Haiyang Dizhi 8 dikawal tujuh kapal penjaga pantai Tiongkok. 

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, pada Rabu (15/4), mengatakan kapal itu melakukan kegiatan yang wajar. Ia menuduh pejabat Amerika Serikat memanfaatkan isu ketegangan di Laut Tiongkok Selatan untuk menyebar kabar buruk terhadap Beijing.

Haiyang Dizhi 8 melintas di Laut China Selatan di tengah banyaknya aktivitas pembatasan yang ditetapkan negara-negara di Asia Tenggara demi menekan penyebaran virus corona (SARS-CoV-2), penyebab COVID-19. Sejumlah pihak menduga Tiongkok memanfaatkan situasi pandemi untuk meningkatkan dominasinya di perairan kaya sumber daya alam tersebut.

Departemen Luar Negeri AS pun mendesak Beijing untuk fokus memerangi pandemi dan berhenti mengeksploitasi kerentanan negara lain guna memperluas klaim tidak berdasar mereka. (ant/dil/jpnn)
Indonesia Harus Punya Banyak Produksi Alat Kesehatan:

Di tengah pandemi virus corona, Tiongkok kembali bikin ulah di Laut China Selatan. Sebuah kapal survei milik Negeri Panda itu terpergok menerobos perairan negara lain


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News