Mangindaan: Rasio PNS di Indonesia Cukup Moderat

Mangindaan: Rasio PNS di Indonesia Cukup Moderat
Mangindaan: Rasio PNS di Indonesia Cukup Moderat
JAKARTA - Jumlah PNS di Indonesia dinilai masih wajar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk. Data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB) menyebutkan, jumlah PNS di Indonesia hingga saat ini mencapai 4,3 juta. Berarti, rasionya adalah 1,94 persen dari jumlah penduduk yang sekitar 224 juta jiwa.

"Dari segi rasio, jumlah PNS kita cukup moderat. Itu sebabnya, pemerintah masih tetap membuka penerimaan CPNS," kata Menpan & RB EE Mangindaan, Sabtu (20/3).

Mangindaan pun membandingkannya dengan rasio PNS di negara lain. Sebut saja Malaysia katanya, yang mencapai 2,2 persen dari jumlah penduduknya, demikian juga Vietnam (2,9 persen), Filipina (1,9 persen), China (2,7 persen) dan Korsel (2 persen).

Namun, meski cukup moderat, pemerintah menurut Mangindaan, telah mendesain postur birokrasi yang diinginkan pada 2014. Yaitu jumlah PNS yang proporsional sesuai rasio antara beban kerja dengan jumlah penduduk, luas wilayah dan karakteristik daerah yang perlu dikembangkan, serta persentase belanja pegawai dalam APBN/APBD. "Kita juga menginginkan PNS yang profesional, berintegritas tinggi sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara," ucapnya.

JAKARTA - Jumlah PNS di Indonesia dinilai masih wajar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk. Data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News