Mantan Bupati Aceh Utara Jadi Pj Gubernur Kaltim

Mantan Bupati Aceh Utara Jadi Pj Gubernur Kaltim
Tarmizi A Karim (kiri) usai dilantik Mendagri Mardiyanto. Foto: Riry Yomarianti/JPNN
JAKARTA - Terjawab sudah siapa penjabat (Pj) gubernur Kaltim yang bakal memimpin roda pembangunan di provinsi kaya energi tersebut. Dia adalah Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Keuangan Departemen Dalam Negeri Ir Tarmizi A Karim, MSc,  yang juga mantan Bupati Aceh Utara. Kamis (3/7) Tarmizi resmi dilantik Mendagri Mardiyanto. Kursi gubernur Kaltim memang kosong menyusul habisnya masa jabatan gubernur lama, sementara gubernur baru belum terpilih karena pilkada di provinsi ini harus berlangsung dua putaran.

Pelantikan yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Kaltim itu ternyata tidak dihadiri satu pun perwakilan dari pejabat Kaltim. Sesuai dengan udangan yang telah dilayangkan di antara yang diundang adalah Sekprov Kaltim Syaiful Teteng, Pimpinan DPRD Prov Kaltim dan Ketua Komisi dan unsur Muspida. Namun hanya segelintir pejabat eselon I Depdagri dan para tamu undangan yang menyaksikan momen bersejarah yang berlangsung di Gedung Baru lantai III Depdagri Jl Medan Merdeka Utara No 7 Jakarta Pusat itu.

Dalam kesempatan ini, Mendagri sempat membeberkan ketidakhadiran pada pejabat Kaltim lantaran sibuk menyiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII, serta tidak ada tiket pesawat dari Kalimantan ke Jakarta. “Saya telepon langsung pak Syaiful Teteng, dan tidak bisa hadir dalam pelantikan penjabat Gubernur Kaltim, karena tanggal 4 Juli ini bapak presiden akan datang, dan kami memakluminya,” jelas Mendagri.

Mendagri menegaskan, ketidakhadiran para pejabat Kaltim ini bukan berarti tidak mendukung pelantikan penjabat Gubernur Kaltim, tapi memang kondisi yang tidak memungkinan untuk bisa hadir. “Jadi jangan salah penilaian dulu, sore ini pak Tarmizi langsung ke Kaltim, dan saya sudah pesan langkah awal apa yang harus dilakukan sesampainnya nanti di Kaltim,” tegasnya. 

Mendagri juga sempat meminta kepada penjabat Gubernur Kaltim yang baru untuk bersikap netral dan memfasilitasi terwujudnya situasi keamanan yang kondusif pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kaltim pada putaran kedua bulan Oktober mendatang.

“Saya yakin penjabat Gubernur Kaltim yang sekarang mampu menjalankan roda pembangunan di Kaltim walaupun hanya sementara, karena itu juga saya berharap dukungan seluruh jajaran pemerintah provinsi,DPRD, Muspida dan masyarakat Kaltim,” tambahnya.

SIAP MENYATU DENGAN WARGA

JAKARTA - Terjawab sudah siapa penjabat (Pj) gubernur Kaltim yang bakal memimpin roda pembangunan di provinsi kaya energi tersebut. Dia adalah Staf

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News