Mantan Capres AS John McCain Meninggal Dunia

Mantan Capres AS John McCain Meninggal Dunia
John McCain. Foto: AP

jpnn.com, ARIZONA - Mantan calon presiden Amerika Serikat dan politikus senior Partai Republik John McCain meninggal dunia, Sabtu (25/8) waktu setempat. Usianya 81 tahun.

Pernyataan singkat yang dikeluarkan kantor McCain menyebutkan bahwa dia meninggal dunia dikelilingi oleh keluarganya. Akhir tahun lalu, senator Negara Bagian Arizona itu didiagnosa mengidap tumor otak.

Seperti dilansir BBC, keluarga McCain mengumumkan bahwa sang senator meninggalkan Washington pada Desember lalu untuk berobat. Kemarin, dia memutuskan untuk menghentikan pengobatan.

McCain adalah veteran Angkatan Laut Amerika Serikat. Dia terlibat dalam Perang Vietnam sebagai pilot pesawat tempur.

Pada 1967, pesawat pengebom yang dipilotinya berhasil ditembak jatuh tentara Vietnam Utara. McCain yang selamat dari serangan itu akhirnya ditangkap. Dia menghabiskan lima tahun mendekam di kamp tawanan perang.

Setelah perang berakhir, suami Cindy Hensley itu terjun ke politik. Pencapaian terbesarnya adalah terpilih menjadi calon presiden dari Partai Republik untuk pemilu 2008. Sayangnya, McCain yang berpasangan dengan Sarah Palin kalah dari kandidat partai Demokrat, Barack Obama. (trz/jpc)


Mantan calon presiden Amerika Serikat dan politikus senior Partai Republik John McCain meninggal dunia, Sabtu (25/8) waktu setempat. Usianya 81 tahun


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News